Sejarah Mengejutkan Televisi 3D

Sepintas, televisi 3D tampak seperti teknologi abad ke-21 yang paling mutakhir.

Diimpikan selama bertahun-tahun, memang dibutuhkan hingga usia iPad dan komputer nirkabel sebelum TV 3D akhirnya tersedia. Tapi ketika kita melihat ke dalam sejarah 3D ada beberapa fakta yang mengejutkan.

Sejak tahun 1950-an konsep keluarga suatu hari nanti dapat duduk mengelilingi televisi dan menontonnya dalam stereoskopi 3D yang super-realistis telah menjadi impian teknologi yang sudah dikenal, untuk informasi sejarah lebih lengkapnya di sejarahpedia.

Kita semua telah melihat program sains hitam putih di masa lalu, di mana presenter yang serius akan memberi tahu pemirsa bahwa mereka akan segera dapat melakukan hal-hal seperti meninggalkan robot untuk melakukan pekerjaan rumah, bekerja tiga atau empat hari seminggu untuk mendapatkan lebih banyak uang. , dan memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai. Dan, tentu saja, salah satu adegan yang ditampilkan untuk menggambarkan peradaban maju dalam waktu dekat ini adalah selalu salah satu dari Mom, Pop, Johnny kecil dan Sue duduk di sekitar televisi, makan es krim dan menonton film terbaru dalam 3D, dengan kacamata 3D ikonik duduk di wajah mereka.

Tapi kemudian tahun-tahun berlalu… dan kemudian tahun-tahun berubah menjadi dekade… tidak ada tanda-tanda perkembangan yang dijanjikan ini terjadi. Dan memang belum sampai tahun ini, 2010 – dan usia komputer pribadi, internet nirkabel, dan telepon seluler – TV 3D pertama akhirnya dijual ke publik.

Namun faktanya 3D bukanlah keajaiban teknologi abad ke-21.

Bahkan bukan keajaiban teknologi abad ke-20.

Faktanya, sejarah 3D kembali ke abad ke-19 dan awal dari fotografi itu sendiri.

Luar biasa, kamera fotografi pertama yang dapat mengambil foto dalam 3D diperkirakan telah dikembangkan pada tahun 1844 oleh penemu Skotlandia David Brewster. Teknologi ini terbukti populer bahkan saat itu, dan pada tahun 1851 sebuah foto 3D yang tidak lain dari Ratu Victoria sendiri dipajang di Pameran Besar yang legendaris di London, untuk informasi sejarah selengkapnya di penelitian sejarah.

Dan dengan perkembangan sinema, film 3D pertama ditayangkan di depan umum – bukan di tahun 1950-an – tetapi di Los Angeles pada bulan September 1922.

Dan beberapa tahun kemudian, pada tahun 1928, orang Skotlandia lain, dan penemu televisi itu sendiri – John Logie Baird – mengembangkan dan menampilkan sistem televisi 3D pertama di dunia.

Foto 3D pada tahun 1851? Film 3D di tahun 1920-an? Televisi 3D pada tahun 1928? Ini cukup pemikiran. Tapi bagaimanapun benar.

Mungkin diperlukan waktu hingga abad ke-21 bagi televisi 3D untuk membuat tampilannya yang sudah lama dinanti.

Tapi itu adalah teknologi yang sangat kuat berakar pada berabad-abad yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *